Tergerus Air, Turap Rawa Tembaga Area Wisata Kuliner Longsor

0
174

Bekasi – Imbas hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi pada 15 Febuari 2021 dini hari, turap Rawa Tembaga di area wisata kuliner longsor.

Kepala Seksi Darlog BPBD Kota Bekasi Wiratma mengungkapkan, longsor tersebut terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari. Akibatnya sebanyak enam stand warung dan tiga pohon tumbang yang masuk ke kali Rawa Tembaga.

“Penyebab longsor itu akibat hujan deras akibat tergerus air karena curah hujan yang tinggi. Tapi sementara ini belum ada korban.”kata Wiratma. Selasa, (16/2/2021).

Kini, BPBD beserta pihak DBMSDA Kota Bekasi bekerjasama melakukan penanganan turap tersebut
“Sekarang dalam penanganan tim.”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DBMSDA Kota Bekasi, Arief Maulana mengatakan bahwa longsor turap Rawa Tembaga dengan panjang longsoran sekitar 32 meter dan kedalaman 5.5 meter.

“Untuk menangani lonsor itu, Kami sudah turunkan personil untuk evaluasi bangunan dan pohon tumbang.”kata Arif.

Arif menjelaskan, adapun penyebab longsor tersebut akibat beberapa faktor. Pertama, ia mengatakan kontruksi turap sudah berusia 20 tahun sehingga kekuatan kontruksi sudah tidak optimal. Kemudian, akibat curah hujan tinggi sejak awal 2021, terutama pada tanggal 21, 24 Januari dan 8 Februari.

Selanjutnya, dilokasi turap juga terdapat vegetasi pohon besar yang berada di badan konstruksi sehingga ketika pohon tertiup angin kencang dan akar pohon tidak kuat mengikat struktur tanah, maka pergerakan tersebut memengaruhi stabilitas turap.

“Penyebab lainnya juga akibat air buangan kawasan kuliner Center Point langsung dialirkan ke badan Kali Rawa Tembaga sehingga stabilitas tanah di bantara kali terganggu.”pungkasnya. (ntn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here