Kadisnaker Kota Bekask Periotaskan Program Jaminan Sosial Bagi Pekerja

0
100

Bekasi – Program jaminan sosial bagi tenaga kerja masih menjadi prioritas bagi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi untuk tahun 2022. Demikian disampaikan Kepala Disnaker Kota Bekasi Ika Indah Yarti, saat ditemui pada Rabu, (29/12/2021).

Ika menyampaikan bahwa para pekerja memiliki hak untuk dilindungi ketika menjalankan tugasnya. Oleh karena itu sosialisasi dan dorongan kepada perusahaan dan pekerja harus diberikan.

“Tahun depan kita masih fokus pada perhatian untuk tenaga kerja agar terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Ia menilai, kepesertaan pekerja pada BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak manfaat. Hal ini kemudian dapat meningkatkan etos kerja seseorang, sehingga bisa bekerja lebih nyaman dan maksimal.

“Manfaatnya banyak, karena ada perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Perlindungan Kematian (JKM), hingga Jaminan Hari Tua (JHT),” jelas Ika.

Menurutnya, ada sekitar 6.000 perusahaan di Kota Bekasi yang sudah mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Selanjutnya, kata dia, Disnaker Kota Bekasi juga akan memberikan sosialisasi agar para penarik ojek online juga mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ika menambahkan, perlindungan tenaga kerja melalui jaminan sosial menjadi wujud hadirnya pemerintah untuk masyarakat. Ia mengimbau agar perusahaan terus mengupdate data pekerjanya dan mendaftarkan pekerja yang belum terdaftar.

“Kemudian untuk pekerja yang belum terdaftar juga bisa mengadu ke Disnaker Kota Bekasi agar bisa kita fasilitasi,” katanya.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota Herry Subroto mengaku selalu siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Ia berharap program jaminan sosial bisa meng-cover dan memberikan manfaat bagi para tenaga kerja di Kota Bekasi

“Tentunya kita tidak ingin hal buruk terjadi kepada kita, tetapi dengan adanya perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan kita bekerja menjadi lebih tenang. Banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh bekerja ketika terdaftar sebagai peserta,” kata Herry. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here