Ormas Gibas Sikapi Terkait Pasien Covid Tewas Usai Lompat dari Lantai 5 RSUD Bekasi

0
109

Bekasi – Pasien wanita berinisial S, (47) diduga bunuh diri dengan cara melompat dari gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Sebelum nekat melakukan aksinya, wanita itu tercatat sebagai pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua 1 Ormas Gibas Kota Bekasi Djumadi menegaskan pihak rumah sakit milik pemerintah harus bertanggungjawab atas insiden tersebut.

“Ini sudah berulangkali, kemarin kasus pelecehan seksual, sekarang kasus ini. Namun kasus ini mentah begitu saja. Seolah oleh ditelan bumi.”kata Djumaidi dalam jumpa persnya di sekretariat Gibas Kota Bekasi. Kamis, (10/3/2022).

Menurut dia, semestinya, pasien yang dirawat di RSUD menjadi tanggung jawab penuh pihak RSUD, baik dalam pengobatan maupun keamanannya.

Ia mengumpamakan apabila seorang anak dititipkan pada sebuah yayasan pendidikan maka akan menjadi tanggung jawab pengurus yayasan.

“Kalau ini dibiarkan terus nanti yang terjadi orang akan takut datang ke rumah sakit. Apalagi dalam kondisi Covid-19 seperti ini,” kata dia.

Ia menambahkan, pada momen hari ulang tahun Kota Bekasi ke 25 tahun ini seharusnya pemerintah semakin dewasa. Rumah sakit plat merah juga tidak perlu menunggu terjadinya kasus tertentu untuk melakukan perbaikan.

“Pengawasan rumah sakit ini sangat lemah. Jangan pada saat ada pasien teriak baru bereaksi.”kata Djumaidi.

Djumadi menegaskan, pihaknya akan turun ke jalan dan melakukan aksi demonstrasi jika pihak RSUD Kota Bekasi tidak melakukan perbaikan.

“Kami akan melakukan aksi damai. Kalau perlu SPI (Satuan Pengawas Internal) ini dibubarkan, cukup ada tenaga ahli,” ujarnya.

Menurutnya, harus ada dialog untuk melakukan perbaikan dalam sistem pengawasan dan keamanan di RSUD. Oleh karena itu, GIBAS sebagai sosial kontrol menganggap bahwa Direktur RSUD Kota Bekasi perlu melakukan evaluasi dan perubahan formasi dalam jajarannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here