PPDI dan HWDI Buktikan Kebangkitan Ekonomi Para Penyandang Disabilibitas

0
160

Bekasi – Memeriahkan HUT Kota Bekasi ke 25, Persatuan Penyandang Disabilitas (PPDI) dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Bekasi melaksanakan UMKM Disabilitas Etravaganza Pameran dan Bazzar di Grand Mall Bekasi selama tiga hari berturut,turut yakni mulai pada 11-13 Maret 2022.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari 20 UMKM penyandang disabilitas dengan berbagai produk seperti asesoris, makanan dan minuman, handy craft dan fashion dan diikuti oleh 20 UMKM non disabilitas dari binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Koperasi JPKP, dan Koperasi Gensa.

Selama pameran dan bazzar para disabiltas dilatih kewirausahaan oleh Ira Dyah Loka Madayani dari Olsamart Pa di UMKM, pelatihan membatik dari batik Sri, pelatihan Kriya Wirausaha membuat Eco Print dilatih Mira dari Koperasi Gensa, pelatihan membuat Snack Banquet, pelatihan pengolahan makanan sehat oleh UMKM/IKM Nusantara

UMKM Disabiltas Extravaganza Pameran dan Bazzar diresmikan oleh Ahmad Yani, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi Ahmad Yani.

A. Yani mengungkapkan pameran dan Bazzar UMKM disabiltas menjadi momentum kebangkitan ekonomi para disabilitas untuk mandiri dan maju.

“Terbukanya kerjasamanya dunia usaha dengan UMKM para disabilitas membuka peluang bersaingnya produk-produk UMKM para disbilitas dengan UMKM non disabilitas.” kata dia.

Tergabungnya organisasi penyandang disibiilitas membuktikan kemampuan penyandang disabilitas dapat mengelola pameran dan Bazzar tanpa didukung anggaran APBN atau APBD.

Hadir pada pembukaan dan persemian UMKM Disabilitas Extravaganza Pameran dan Bazzar yakni, Dewan Pertimbangan DPP PPDI Siswadi, Ketua Umum DPP PPDI Gufroni Sakaril, Norman Yulian Ketua DPW Jawa Barat Novan, Lily Sihombing mewakili Kementrian Sosial,

Juga, Toto Yulianto Kabid Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi Benny Tunggul Ketua Bidang Perdagangan TWUP4 Kota Bekasi, dan General Manager Grand Mall Bekasi Denny Lumintang.
Iwan A dan Rahma selaku Ketua Pelaksana.

Siswadi, Dewan Pertimbangan DPP PPDI menyampaikan sangat berterima kasih kepada pengusaha Mall, Pemkot Bekasi, dan UMKM Binaan Pemkot Bekasi yang telah memfasilitasi dan mendukung UMKM disabilitas Extravagaza pameran dan bazzar sebagi pembuktian kemandirian dan kemampuan para disabilitas bisa bersaing dengan UMKM mon disabilitas tanpa menghadalkan APBN dan APBD .

“Pameran dan Bazzar ini sepenuhnya dilaksanakan oleh Organisasi Para Penyandang Disabilitas.”ujarnya

Gufroni Sakaril selaku Ketua Umum DPP PPDI menambahkan pameran dan Bazzar UMKM Disabilitas Kota Bekasi menjadi model untuk nasional akan kemandirian dan Innovasi para penyadang disabilitas untuk dapat berwirasuaha.

“Pada pameran dan Bazzar, para disabilitas dilatih berwirausaha dan memiliki ketrampilan yang memiliki nilai Ekonomi sehingga menjadi modal untuk bangkit dari ketergantungan dan kekurangan fisik.”ungkapnya.

Saat ini para disabilitas dapat bersaing dengan para pelaku ekonomi non disabilitas. Adanya kerjasama dunia usaha seperti pemilik Mall membuktikan produk UMKM disabilitas memiliki daya saing, Pemkot Bekasi telah memfasilitasi para disabilitas berwirausaha, DPP PPDI dan Kementrian Sosial akan memberikan penghargaan bagi Kota Bekasi dengan Kota Inklusi Berwirausaha sebagai upaya Kota Bekasi memberikan peluang, melatih dan membangkitkan ekonomi para penyandang disabilitas dengan berwirausaha dengan Wadah UMKM.

Peresmian UMKM disabiltas Extravaganza Pameran dan Bazzar dimeriahkan dengan Tari Daerah Bekasi oleh anak anak Disabilitas Down Syndrom dan persebahan Lagu dan Musik dari anak anak Sekolah Disabilitas Kota Bekasi. Kegiatan Pameran dan Bazzar dipadukan dengan Hari Kopi nasional dengan memberikan 1000- Cup Kopi Gratis kepada Pengunjung Pameran dan bazzar dari Norco Coffee- Koperasi Gensa. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here