Perhelatan IFP 2022 Jadi Momen untuk Menyatukan Kekayaan Kain Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

0
50

Jakarta –  Perhelatan akbar Indonesian Fashion Parade (IFP) 2022 di gelar di Jakarta, dengan tema love in ‘diversity’ bersama puluhan desainer tanah air untuk membumikan kain Wastra sebagai kearifan lokal ke ajang internasional, Kamis (25/8/2022).

Indonesia Fashion Parade 2022 menghadirkan karya desainer dari berbagai daerah di Indonesia dengan keanekaragaman budaya melalui trend busana kain nusantara.

Athan Siahaan selaku penyelenggara Indonesia Fashion Parade 2022, mengatakan momen yang digelar juga menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fesyen tanah air untuk terus menciptakan karya terbaiknya setelah lama absen.

“IFP atau Indonesia Fashion Parade ini, untuk memperkenalkan kain tenun dengan menggunakan bahan wastra nusantara menjadi sebuah karya adibusana,” ucap designer ternama tanah air ini kepada media dalam jumpa persnya di Swiss Bell Hotel Jakarta.

Pada ajang IFP semua karya itu sudah pasti mengambil tema tenunan wastra. Selain IFP 2022 juga ada indonesia fashion Competition.

Menurutnya melalui ajang Desainer Competition yang dilaksanakan bersamaan dengan IFP 2022 diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para desainer muda untuk bisa mengikuti jejak desainer yang sudah senior dalam mengangkat kearifan lokal dan adat melalui karya kreatif.

“Kenapa kami membuat desainer comperition juga? Supaya milenial tidak malu memakai wastra kedepannya,” ucap Athan.

Athan berpendapat jika desainer muda dalam karya dan kreativitas mencoba berkreasi melalui wastra. maka otomatis pemakai juga dari kalangan mereka yakni milenial.

Contohnya yang sempat viral yaitu Citayam Fashion Week yang memakai baju-baju lokal.

“Tapi sayang kenapa mereka tidak memadukan wastra sehingga para penenun terangkat ekonominya,” ungkap Athan.

Dikatakan pihaknya ingin memberikan wadah kepada para desainer muda untuk memperkenalkan karya lokal agar mendunia, mengingat ditengah pandemi ini desainer juga terkena imbasnya.

“Kami memberikan wadah untuk para designer nusantara, harapannya dengan promosi seperti ini melalui digital platform juga, produk mereka semakin dikenal masyarakat Indonesia dan membangkitkan perekonomian,” kata Athan.

Diketahui bahwa Indonesia Fashion Parade 2022 sebagai wadah dari para desainer yang memiliki ide kreativitas dan mampu bersaing ditingkatkan nasional maupun Global.

Indonesia Fashion Parade 2022 ini akan menampilkan berbagai karya Desain Tenun dari berbagai daerah di Indonesia, serta karya 45 Desainer tanah air.

Sementara itu, Direktur Marketing Swiss Hotel Bells Mangga Besar Suhadi Susanto mengatakan pihaknya sangat mendukung semua kreatifitas para talenta designer muda untuk bisa merealisaaikan apa yang mereka impikan sebelumnya.

“Jadi kami salah pendukung designer muda. Sebab sebelumnya terhambat akibat Covid-19. Namun hari ini sudah diperbolehkan untuk beraktifitas kembali guna membantu fashion dan parawisata. Kita lebih mensupport lagi kedepannya,”ujar Susanto. (bas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here